Breaking

Bersegeralah!

Bersegeralah!



Salah satu adab dalam menuntut ilmu adalah dengan bersegera atau memanfaatkan waktu saat ini juga. Jangan menunda lagi, menunggu ini atau itu, karena akan banyak sekali alasan untuk menunda sesuatu. Tidak ada kata terlambat ketika ingin mempelajari suatu ilmu. Bersegeralah. Pun ketika yang dipelajari adalah sesuatu yang bermanfaat untuk akhirat pastinya bermanfaat untuk dunia pula.

Bersegera dalam menuntut ilmu dengan tidak lagi memikirkan atau menundanya adalah menjadi suatu adab yang sangat diutamakan. Terlebih halnya ilmu yang akan dipelajari adalah ilmu agama, tentu kita akan mendapatkan keutamaan dari Allah, sebagaimana yang dijanjikan Nabi saw

Dari Abu Hurairah r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan jalannya menuju surga “ ( H.R. Muslim )

Dalam riwayat lain Nabi juga mengatakan bahwa menuntut ilmu bisa menjadi pahala yang tidak terputus hingga dalam kubur.

”jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya,” (HR Bukhori dan Muslim)

Kemudaian di dalam Al-Qur’an Allah juga mengabarkan bahwa dengan kita menuntut ilmu Allah akan mengangkat derajat kita. Dengan beberapa janji dari Allah dan RasulNya maka sepatutnya kita berusaha untuk segera belajar dan memperdalam ilmu terlebih yang utama yaitu ilmu agama.

Adapaun jika kita merasa sudah terlambat atau tidak ada lagi waktu yang tersisa, kesibukan yang tiada ujungnya dalam mengurus hal-hal lainnya, maka lihatlah beberapa kisah orang-orang yang sudah berhasil dalam kasus yang sama. Begitu banyak sudah dikisahkan tentang mereka yang sukses dalam hal menghafal Al-Qur’an misalnya , padahal sudah lanjut usia. Sukses mengembangkan usahanya hingga memiliki omset milyaran dan kisah-kisah lainnya.

Maka dari itu mari, mulailah, segera, saat ini juga tunaikan, selagi Allah masih memberikan kesempatan, selagi Allah memberikan peluang, mengetuk hati kita, mantapkan niat dan lakukanlah. Kemudian jangan lupa berserah diri kepada Allah, berdo’a, agar jalannya dimudahkan oleh Allah, meski adanya halangan atau rintangan seomga bisa istiqomah dan terus mantap pada jalurnya dan tidak lengser dari niat semula.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact